BERITA UTAMA

Elang Zanura Harumkan Nama SMPN 1 Kecamatan Situjuh Limo Nagari di Tingkat Nasional

Teks foto: Elang Zanura- Siswa kelas 9 SMPN 1 kecamatan Situjuh Limo Nagari.       Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota---Raih...
BERITA UTAMA

Wulan Denura Ajak Warga Payakumbuh Melihat Sejarah Nenek Moyang Kita, Dulu Seperti Apa?

Payakumbuhpos.id | Limapuluh Kota--- Pameran Festival Maek, kecamatan Bukik Barisan, kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat, dibuka langsung ketua DPRD Sumatera...
BERITA UTAMA

Bawaslu Kota Bukittinggi Melantik 129 Anggota PTPS Se-Kecamatan Guguk Panjang

Bukittinggi, Payakumbuhpos.id,-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi melaksanakan pelantikan dan pembekalan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Guguak Panjang,...
BERITA UTAMA

Bantai Minang Sejagat 3-0, ISSB Payakumbuh Raih Juara I di Turnamen Pospa Cup II

Payakumbuhpos.id| Payakumbuh---Diawali dengan membantai Minang Sejagat 3-0, akhirnya ISSB Payakumbuh keluar sebagai juara I U-14 setelah mengalahkan Victory 4-3 dalam...
BERITA UTAMA

Wulan Denura : Anggota Paskibraka Pondasi dalam Mencapai Cita-cita Kedepan

Teks foto: Wakil ketua DPRD kota Payakumbuh, Wulan Denura, S.ST.     Payakumbuhpos.id|Payakumbuh--- Tiap tahun, tepatnya pada tanggal 17 Agustus,...

Momen Lebaran Pemicu Kecelakaan Lalu Lintas

Payakumbuhpos.id | Payakumbuh—Dari tahun ketahun kota Payakumbuh selalu dipadati pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda empat berbagai jenis nomor polisi (Nopol), fenomena itu sering menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Kepala dinas Perhubungan kota Payakumbuh, Devitra kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (13/3), membenarkan momen libur lebaran akan membuat peningkatan mobilitas masyarakat yang sangat tajam.

Karena memang faktanya kecelakaan lalu lintas bisa terjadi 70 persennya disebabkan oleh faktor kelalaian manusia atau yang dikenal dengan istilah human error.

Hal tersebut tidak hanya pemicu kecelakaan lalu lintas, akan tetapi juga mengalami macet panjang dibeberapa titik. Sekarang saja, warga yang berbondong ke pasar pabukoan dengan menggunakan kendaraan roda dua, sudah menimbulkan kemacetan.

Permasalahan lalu lintas seperti kemacetan, kecelakaan ataupun pelanggaran lalu lintas, perlu dilakukan langkah antisipatif untuk menekan terjadinya hal-hal yang tidak dikehendaki, salah satunya dengan pelaksanaan riksa ranmor gabpolsipat dan rampcheck.

“Sebelumnya, Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Jasman telah melakukan ispeksi mendadak tentang keselamatan LLAJ atau rampcheck dan pemeriksaan kendaraan bermotor gabungan dengan pola sidang di tempat (riksa ranmor gabpolsipat) di Rest Area Medan Nan Bapaneh, Ngalau, baru-baru ini,”ujar Devitra.

Terpisah, Pj Walikota Payakumbuh Jasman kepada wartawan via telepon genggamnya, Rabu (13/3), mengatakan kegiatan yang dikemas Dinas Perhubungan itu dilaksanakan, bekerjasama dengan pihak terkait seperti Pemprov Sumbar melalui dinas Perhubungan kota Payakumbuh dan instansi terkait lainnya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Pelaksanaan kegiatan melibatkan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Perhubungan Kota Payakumbuh, Satuan Lalu Lintas Polres Payakumbuh, Hakim Pengadilan Negeri Payakumbuh, Jaksa Penuntut dari Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Subdenpom 1/4-1 Payakumbuh, dan PT. Jasa Raharja Cabang Bukittinggi.

Disampaikannya kegiatan yang dilakukan juga untuk memastikan bahwa kendaraan pribadi, angkutan penumpang umum ataupun angkutan barang yang dipergunakan selama masa lebaran nanti telah memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan.

“Serta yang tak kalah pentingya adalah untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya tertib berlalu lintas,”kata Jasman,

Dengan meningkatkan kepatuhan terhadap aturan lalu lintas, tentunya, dapat mencegah kecelakaan dan memperlancar arus lalu lintas.

Jasman berpesan agar petugas dapat melaksanakan kegiatan dengan tegas dan humanis dengan memprioritaskan keselamatan dan keamanan masyarakat. Pastikan semua kendaraan yang melintas diperiksa dengan teliti dan perhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan, kondisi fisik kendaraan dan laik jalan.

Selanjutnya berikan edukasi kepada pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas. Berikan teguran yang tegas namun tetap sopan.

“Jaga sikap dan perilaku selama bertugas serta tunjukkan sikap profesional dan berikan contoh yang baik kepada masyarakat serta hindari praktek KKN,” tegasnya. (Nura)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *