BERITA UTAMA

Perjuangkan Pemekaran Nagari, Rezka Oktoberia: 71 Miliar untuk Pasaman Barat

LUBUK SIKAPING - Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Mei 2022 lalu Kementerian Dalam Negeri secara resmi meluncurkan kode wilayah bagi 59...
BERITA UTAMA

Ketua DPW Lapas IIA Bukittinggi Ny.Sri Astuti Marten Pimpin Momen Tabur Bunga di TMP Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (Pipas) Sumatra Barat (Sumbar) yang tergabung dalam beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) melakukan ziarah dan...
BERITA UTAMA

SMSI Luak 50 Dan SMSI Pekanbaru Bertemu, Silaturahmi Tanpa Batas

Pekan Baru --- Kedatangan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Luak 50 (Payakumbuh-Limapuluh Kota) ke Bumi Lancang Kuning disambut hangat...
BERITA UTAMA

PAC Pemuda Pancasila Pasar Minggu Berbagi Bingkisan Paket Sembako dan Pengamanan Natal 2022 di Gereja

JAKARTA - Beragam cara umat Kristen (Katolik dan Protestan) merayakan hari Raya Natal yang diperingati setiap tahun di setiap tanggal...
BERITA UTAMA

SLE Peduli, Berikan Bantuan Sembako dan Ikut Mengamankan Natal 2022

JAKARTA - Yayasan Sentosa Laju Energy (SLE) menggandeng Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GNTI) dan Lembaga Perekonomian Nahdahtul Ulama (LPNU) Jakarta...

Tabungan Utsman 2023 Diluncurkan untuk 3000 Nasabah Tanpa Kredit Macet Tahun 2022

  • Bagikan

BUKITTINGGI – Jumat,(20/01/2023),–- Wali Kota Bukittinggi jadikan program unggulan pro rakyat dengan Tabungan Utsman ini dapat menjadi sarana masyarakat dalam mengatasi kesulitan permodalan.

Diuncurkan Tabungan Utsman untuk tahun 2023, di kantor pusat Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Jam Gadang Bukittinggi.

Dalam kata sambutannya Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan,
Dengan adanya program ini untuk membantu masyarakat, menghindari diri dari rentenir dan praktek riba.

“Kepada pejuang tabungan Utsman dan para nasabah, dengan adanya kerjasama yang baik, program Tabungan Utsman dapat berjalan lancar, hingga tidak ada kredit macet yang tercatat saat akhir 2022 lalu,” jelas Wali Kota selaku pemegang saham pengendali pada Bank BPRS Jam Gadang.

“Semoga uang yang dipinjam, dapat dimanfaatkan sebaik- baiknya untuk modal usaha. Sehingga keuntungannya dapat dinikmati untuk kebutuhan pokok masyarakat,”ujar Erman Safar.

Sementara itu, Direktur Utama BPRS Jam Gadang, Feri Irawan, menyampaikan, selama tahun 2022, sebanyak 3.138 permohonan masuk untuk program tabungan Utsman yang launching pada 23 Maret 2022.

“Karena aturan, nasabah yang informasi debiturnya bermasalah, sehingga Tabungan Utsman hanya bisa disalurkan kepada 1.956 orang dengan total pembiayan Rp 14,5 miliar lebih,” tambah Feri.

“Sampai 31 Desember 2022, pejuang UMKM komit dengan akad awal, bahwa Tabungan Utsman memadukan dua program perbankan. Alhamdulillah program ini dinilai berhasil, karena kredit macet nya Rp 0,-,” jelasnya.

“Untuk tahun 2023, Pemko Bukittinggi telah menyiapkan subsidi untuk Tabungan Utsman sebesar Rp 2,5 miliar. Dalam perencanaannya, Pemko juga akan menambah subsidi Rp 500 juta pada perubahan mendatang,” terang Feri

“Dengan subsidi itu, BPRS Jam Gadang dapat menyalurkan bantuan permodalan Rp 20 hingga 25 miliar lebih. Dana ini bisa disalurkan untuk 3000 nasabah,” ujar Feri.

“Untuk hari ini, perdana, kita salurkan untuk 100 nasabah, dimana 75 persennya merupakan nasabah baru dan 25 persen lainnya nasabah eksisting,” pungkas Feri Irawan. (mj)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.