BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Irfendi Arbi Peduli Bencana, Antar Bantuan ke Posko Wartawan

Teks foto: Irfendi Arbi Peduli Bencana, Antar Bantuan ke Posko Wartawan, Sabtu 18 Mei 2024.     Payakumbuhpos.id | Payakumbuh--- Apa...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR Nasional PAYAKUMBUH

Dilirik Banyak Calon Untuk Berpasangan, Joni Hendri Mendaftar ke PPP dan Nasdem

Teks foto: Dilirik banyak calon untuk berpasangan, sebelum mendaftar, ketua IKK Joni Hendra berfoto dulu dengan bakal calon walikota Payakumbuh...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR TOKOH

Menyonsong Pilkada Limapuluh Kota 2024, Nama Irfendi Arbi di Demokrat Belum Tergores

Teks foto: Irfendi Arbi mendaftar, ke Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai Demokrat kabupaten Limapuluh Kota, langsung diterima ketua DPC Demokrat...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Cuaca Ekstrim dan Hujan, dr. Efriza Naldi Tetap Teruskan Niatnya Mendaftar ke PAN dan Demokrat

Teks foto: Cuaca ekstrim dan hujan dr. Efriza Naldi, SPoG tak goyah, tetap teruskan niatnya maju sebagai calon walikota Payakumbuh...
BERITA UTAMA KABAR SUMBAR PAYAKUMBUH TOKOH

Serius Maju Menuju BA 1 M, Joni Hendri Mendaftar ke PKB, PAN dan Ngambil Formulir ke PPP

Teks foto: Joni Hendri bersama rombongan antarkan formulir pendaftaran calon walikota Payakumbuh ke DPC PKB, Senin 6 Mei 2024.  ...

Puluhan Wartawan Sumbar Mengikuti Bimtek Jitu Pasna Menuju Sumbar Tangguh Bencana

Foto : BPBD Provinsi Sumbar

Bukittingi,Payakumbuhpos.com- Puluhan Wartawan yang terdiri dari Media Cetak dan Elektronik, Mengikuti Bimbingan Teknis Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana ( Jitu Pasna) Selama 4 hari berturut-turut, terhitung sejak 30 Oktober – 2 November 2019. Acara yang di prakasai oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat tersebut berlangsung di Grand Hotel Rocky Bukittinggi.

Acara yang di buka oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Barat Erman Rahman SE,M,Si berlangsung hikmad. Dimana ia menyampaikan bahwa dengan adanya bimtek Jitu pasna ini bermaksud mampu memberikan gambaran dan penghitungan cepat pasca bencana.

“ Kita Tahu bahwa ada beberapa titik daerah di Sumbar yang rawan terhadap bencana. Oleh sebab itu perlu peningkatkan dalam penanggulangan bencana. Selain itu, Kita sudah siapkan Alokasi dalam penanggulangan bencana,” ujar Herman.

Kegiatan hari pertama sekaligus menghadirkan Yuliandre Darwis Selaku Ketua Komisi Penyiaran Indonesia ( KPI). Dalam paparan intinya menyampaikan bahwa lembaga penyiaran memiliki aturan dalam sebuah peliputan atau berita bencana yang terjadi untuk di sajikan kehadapan publik. Sesuai dengan Surat Edaran Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Nomor 515./K/KPI/31.2/10/2018 Tentang Peliputan Bencana Pada Lembaga Penyiaran.

“ Maksud dan Tujuan KPI mengeluarkan Surat Edaran ini adalah agar lembaga penyiaran senantiasa mengingat dan berpedoman pada kaidah-kaidah penyangan liputan bencana di lembaga penyiaran,” terang Andre sapaan akrabnya di hadapan para peserta Jitu Pasna, Rabu ( 30/10).

Kegiatan Jitu pasna di hari pertama ini, sekaligus membuka ruang diskusi atau tanya jawab antara peserta dengan KPI terkait dengan peliputan bencana. Hadir dalam acara pembukaan Bimtek Jitu pasna tersebut, diantaranya Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumbar Herman Rahmat, Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis, Pusdiklat BNPB Dr.Mardina Adisty, M,Si , Kepala Pelaksana BPBD Kota / Kabupaten, Peserta ( Jurnalis) dan Tamu Undangan.

Di hari kedua Kamis (31/1) peserta bimtek mendapat materi yang disampaikan oleh Dr. Marlina Adisty, M,Si Pusdiklat BNPB. Dimana pada sesi ini peserta diberikan bimbingan Manajemen PB Dasar dan Kebijakan Rehabilitasi serta Rekontruksi sekaligus konsep dasar Jitu Pasna. “ Dimana pada intinya tujuan pembelajaran memahami konsep dasar sekaligus memahami Penanggulangan Bencana di Indonesia serta memiliki pengetahuan tentang Jitu Pasna,” terang Dr.Marlina.

Selain itu Orientasi pelatihan juga disuguhkan oleh Mahoni Cakra Saujana (MCS). Rencana Rehabilitasi dan Rekontruksi serta penyelenggaraan Rehabilitasi dan Kontruksi dengan paparan yang matang.

Pada hari ketiga para peserta bimtek melakukan Study Lapangan ke daerah lokasi pasca bencana. Dua daerah tujuan tersebut ialah Nagari Pangkalan dan Nagari Situjuah Kabupaten Limapuluh Kota. Dimana para peserta bimtek dibagi dua kelompok dengan para pendamping dari Kabid RR BPBD Provinsi Sumbar Suryadi Eviontri, ST, Kalaksa BPBD Payakumbuh Yufnani Away dan Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Joni Amir dan tim Building Learning dari MCS . Peserta bimtek kali ini mencari data serta membuat laporan terkait dengan pasca bencana yang terjadi di daerah tersebut.

Sementara dalam agenda hari ke empat atau hari penutupan Sabtu (2/11) , kegiatan para peserta bimtek mendapat bimbingan RTL dan Evaluasi dari Group MCS. Bukan hanya itu saja Etika peliputan Kebencanaan juga diberikan dengan mendatangkan nara sumber dari Dewan Pers.(Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *