BERITA UTAMA

Dorongan Penyegaran di Golkar Payakumbuh Menguat, Wirman Putra Dinilai Paling Siap Pimpin DPD II

Wirman Putra Datuak Rajo Mantiko Alam Ketua DPRD Payakumbuh (ist) PAYAKUMBUH — Jelang Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Kota Payakumbuh,...
BERITA UTAMA

Sejarah Baru, Payakumbuh di Bawah Wako Zulmaeta Sukses Gelar Indonesia’s Horse Racing Cup II.

Payakumbuh—PAYAKUMBUHPOS, Sejarah baru tercipta di dunia pacu kuda Indonesia. Untuk pertama kalinya, Indonesia's Horse Racing Cup yang selama ini hanya...
BERITA UTAMA

Rezka Oktoberia Meski Tak Lagi di DPR RI, hadirkan 26 Titik Irigasi P3TGAI di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota.

LIMA PULUH KOTA — Meski tidak lagi menjabat sebagai anggota DPR RI, kepedulian Rezka Oktoberia terhadap masyarakat tidak pernah pudar....
BERITA UTAMA

Wali Kota Payakumbuh Zulmaeta Resmi Menutup Kejuaraan Tenis Meja 2025.

PAYAKUMBUH — Kejuaraan Tenis Meja Piala Wali Kota Payakumbuh 2025 resmi berakhir, Minggu (10/8), di GOR Nan Ompek, Tanjung Pauh....
BERITA UTAMA

Marta Emmelia Bongkar Dugaan Pemalsuan Saham oleh Suami, Polisi Anggap Urusan Pribadi.

Pekanbaru — Laporan dugaan pemalsuan tanda tangan yang melibatkan nama seorang notaris dan seorang suami, berakhir di meja penyidik dengan...

Dinas PUPR Kota Payakumbuh Komit Beri Pelayanan Terbaik

Payakumbuh — Tamu yang baru saja masuk ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh sudah dinanti oleh petugas front office dengan hangat, mereka ditanyakan keperluannya datang dan diminta mengisi buku tamu terlebih dahulu.

Apabila tamu ada keperluan dengan pejabat di dinas, maka mereka bisa duduk menunggu di sofa ruang tunggu yang telah disediakan.

Pelayanan ini merupakan bagian dari komitmen Dinas PUPR untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sebagian besar datang ingin mengurus advice planning, izin mendirikan bangunan, legis gambar, serta warga pemilik bangunan yang memenuhi surat teguran dinas karena bangunannya bermasalah.

Kepala Dinas PUPR Muslim didampingi Sekretaris Rajman saat ditemui media di kantornya, Rabu (18/8), mengatakan ada 10 pelayanan yang diberikan dari standar pelayanan publik di PUPR. Seperti Layanan Penerbitan Surat Keterangan Rencana Kota (KRK) Advice Planning (AP), Layanan Penerbitan Rekomendasi Teknis IMB, Layanan Penerbitan Rekomendasi IUJK, Layanan Penerbitan Rekomendasi Bebas Banjir, Layanan Peneribtan Izin Pemanfaatan Ruang Milik Jalan, Layanan Penyediaan Harga Satuan Bangunan Gedung Negara (HSBGN), Layanan Sewa Alat Berat, Layanan Penerbitan Kartu Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha, Layanan Klinik Jasa Konstruksi, dan Layanan Penanganan Kerusakan Insfrastruktur.

“Masing-masing pelayanan ada alurnya. Pemohon bisa masuk melalui mal pelayanan publik (MPP) di lantai 1 balai kota atau langsung ke dinas PUPR. Mengajukan permohonan, mengisi balngko, dan melampirkan persyaratan,” kata Muslim.

Muslim mencontohkan, seperti layanan advice planning, nanti setelah urusan berkas syarat selesai, dinas akan survey ke lapangan dan disesuaikan dengan RTRW atau RDTR, barulah bisa dikeluarkan surat advice planningnya. Sementara untuk IMB, apabila syarat permohonannya lengkap, bisa dikeluarkan rekomendasi teknis IMB dan biaya yang harus dibayarkan

“Konter pelayanan PUPR di MPP hadir untuk melayani warga yang ingin mengurus advice planning dan IMB, termasuk pengaduan,” kata Muslim.

Disamping itu, menurut Muslim, ketika masyarakat yang langsung ke kantor dinas diterima di front office mereka lebih banyak dilayani di ruang tunggu atau ruang tamu dinas, selagi tempat memungkinkan untuk memprosesnya.

“Mekanismenya beda lagi dengan tamu ke klinik jasa konstruksi, mereka dibawa ke ruang layanan jasa konstruksi yang telah disediakan di kantor dinas,” pungkasnya. (Benpi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *